Rabu, 08 Juni 2016

Masa Nifas Dan Pantangannya

         Masa Nifas Dan Pantangannya

Masa nifas adalah masa setelah persalinan. Ibu yang habis melahirkan akan menjalani masa nifas. Masa nifas ini merupakan masa yang bermula dari beberapa jam setelah plasenta bayi lahir dan akan berakhir 6 minggu setelah ibu melahirkan. Sehabis melahirkan tersebut, rahim harus menjalani pemulihan seperti sebelum hamil, pemulihan itu akan memakan waktu 3 bulan setelah masa persalinan. Organ-organ reproduksi khususnya rahim akan mengalami proses pemulihan setelah melewati persalinan dan menjalani kehamilan. Rahim biasanya yang tadinya melebar akan menyempit kembali ke ukuran normal. Masa nifas tersebut dibagi menjadi tiga macam :

  • Paska nifas, merupakan masa sehabis nifas yaitu masa setelah ibu mengalami persalinan 24 jam setelah melahirkan
  • Nifas dini, adalah 1 sampai dengan 7 hari setelah masa persalinan
  • Nifas lanjut, terjadi pada 1 minggu sampai dengan 6 mingggu setelah ibu melahirkan bayinya.
Pengertian Masa Nifas
Masyarakat sering mendengar tentang masa nifas, namun hanya sedikit orang yang tahu apa itu masa nifas. Masa nifas adalah masa dimana cairan darah keluar setelah proses melahirkan. Masa nifas merupakan masa pembersihan rahim yang diawali setelah proses persalinan sampai dengan 6 minggu setelah masa persalinan. Masa nifas akan dihitung setelah plasenta lahir dan dikeluarkan melalui jalan lahir. Masa nifas tersebut tidak kalah penting saat proses kehamilan, perlu perawatan seperti saat hamil ketika menjalani masa nifas tersebut.
Lamanya Masa Nifas
Masa nifas pada ibu yang melahirkan berbeda-beda, ada yang lama dan ada juga yang sebentar. Masa normal untuk masa nifas adalah 6 minggu atau 40 hari. Masa nifas itu berfungsi untuk mengembalikan organ-organ reproduksi terutama rahim untuk kembali normal seperti sebelum hamil. Tidak hanya itu saja, jalan lahir yang melebar pun akan kembali normal saat masa nifas itu.

Perawatan Saat Masa Nifas

Perawatan saat masa nifas adalah perawatan kepada ibu yang sedang menjalani masa nifas atau baru melahirkan, agar organ-organ reproduksi kembali normal kembali. Fungsinya adalah memberikan perawatan dan juga fasilitas agar penyembuhan baik psikis maupun fisik dapat berjalan dengan normal. Saat perawatan ini akan diamati berbagai hal diantaranya adalah rahim harus kembali ke ukuran normal, membantu ibu dalam menyusui dan juga memberikan petunjuk kepada ibu bagaimana cara merawat bayinya. Saat perawatan masa nifas dimulai ketika plasenta lahir dan menghindari pendarahan sehabis melahirkan dan menghindarkan dari infeksi.
Berikut ini ada beberapa hal yang harus dilakukan ketika menjalani perawatan masa nifas :
1. Kebersihan Diri
Saat masa nifas, ibu hamil harus pintar-pintar dalam merawat kebersihan dirinya. Hal itu dikarenakan saat masa nifas ibu hamil rentan terkena kuman dan bakteri yang akan masuk ke dalam vagina. Berikut ini cara menjaga dan merawat kebersihan diri ketika masa nifas :
  • Mandi dua kali sehari dengan membersihkan seluruh tubuh.
  • Yang penting diperhatikan adalah kebersihan alat kelamin. Ibu bisa membersihkannya dengan air yang mengalir, hindari pemakaian sabun pembersih kewanitaan. Cara membersihkannya di bagian vulva terlebih dahulu depan ke belakanag jangan kebalikan, barulah setelah itu membersihkan daerah di sekitar dubur. Sehabis BAB dan BAK vulva harus selalu bersih.
  • Mengganti pembalut sesering mungkin, mengganti pembalut ini bisa dilakukan sebanyak 4 jam sekali. Meski belum 4 jam namun jika pembalut sudah penuh ibu harus segera menggantinya.
  • Ketika hendak makan sebaiknya ibu hamil cuci tangan menggunakan sabun. Ketika akan menyentuh kelamin harus mencuci tangan dengan sabun begitu pula setelah menyentuh kelamin.
  • Hindari menyentuh luka jahitan atau guntingan.
2. Istirahat
Istirahat sangat penting dilakukan bagi ibu paska melahirkan. Sehabis melahirkan, ibu akan merasakan kelelahan yang amat sangat. Berikut ini cara beristirahat yang benar sehabis masa nifas:
  • Istirahat cukup 8 jam sehari
  • Melakukan kegiatan rumah tangga dengan cara yang perlahan-lahan
  • Untuk menjaga pola tidur bayi, saat ia tidur maka ibu juga harus ikut tidur.
  • Saat kekurangan tidur, ibu hamil akan dirugikan dalam berbagai hal. ASI jumlahnya berkurang, proses involusi uterus menjadi lambat dan pendarahan semakin banyak, membuat ibu hamil depresi, tidak mampu merawat dirinya sendiri dan juga bayinya.
  • Lakukan cara memperbanyak ASI agar bayi tidak kekurangan ASI
3. Gizi
Saat hamil, kebutuhan gizi ibu hamil sangatlah penting. Begitu juga dengan hal yang penting bagi ibu ketika masa nifas. Hal itu dikarenakan saat masa nifas ibu hamil membutuhkan berbagai macam makanan bergizi untuk memulihkan tenaganya dan menjaga kesehatan ibu hamil.
Berikut ini cara mencukupi gizi bagi ibu yang menjalani masa nifas :
  • Mengkonsumsi kalori sebanyak 500 setiap hari.
  • Makan dengan menu diet yang seimbang misalnya saja protein, vitamin dan mineral yang cukup.
  • Minum air putih sedikitnya sebanyak 3 liter setiap harinya.
  • Memakan makanan sehat untuk ibu hamil yang kaya akan zat besi.
  • Mengkonsumsi pil penambah darah agar ibu tidak mengalami anemia setelah menjalani proses persalinan.

Pantangan Saat Masa Nifas

Ada berbagai macam pantangan saat masa nifas yang tidak diketahui oleh ibu yang habis melahirkan. Sama seperti pantangan makanan ibu hamil, yang tentu saja tidak boleh dilakukan Jika dilakukan akan ada dampak buruk yang terjadi pada ibu yang menjalani masa nifas tersebut. Berikut ini adalah berbagai macam pantangan yang harus dihindari paska melahirkan atau saat masa nifas :
1. Tidak Berhubungan Seks
Pantangan yang harus diperhatikan adalah ibu sehabis melahirkan, tidak boleh berhubungan seks selama 40 hari setelah melahirkan atau saat masa nifas tersebut. Pantangan itu memang benar adanya sebab rahim baru akan normal ketika 3 bulan setelah persalinan.
2. Tidur Di Saat Maghrib
Pantangan ini memang benar adanya sebab saat maghrib ibu diwajibkan untuk menggendong bayinya agar tidak rewel. Sebab maghirb merupakan saat yang sakral dimana malam akan menjelang.
3. Makan Ikan Tawar
Manfaat ikan bagi ibu hamil ini tidak bisa dirasakan saat masa nifas. Ikan tawar seperti lele, mujair, ikan belanak dan ikan tawar lainnya, hal itu bisa menyebabkan jahitan ibu menjadi sakit.
4. Telur
Ibu tidak boleh makan telur sebab penyembuhan luka akan lama.
5. Daging
Ibu yang menjalani masa nifas tidak boleh makan daging sebab, bisa membuat darah yang dikeluarkan oleh ibu semakin banyak saat nifas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar